Berita

Workshop Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP)

March 20, 2019


Bupati Nagan Raya yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Zulfika, SH membuka Sosialisasi dan Workshop Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) bertempat di Aula Setdakab Nagan Raya  pada Selasa (19/03/2019). Kegiatan Sosialisasi dan Workshop ini diikuti oleh PPID Pembantu dan operator dari 43 Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Nagan Raya.

Bupati Nagan Raya dalam sambutannya mengatakan: “Selama ini jajaran Pemerintah Kabupaten Nagan Raya belum memiliki Daftar Informasi Publik. Hal tersebut berakibat pada pelayanan masyarakat yang tidak maksimal. Ada informasi yang seharusnya tidak perlu disembunyikan tapi enggan diberikan kepada pihak yang membutuhkan”.

Kegiatan Sosialisasi dan Workshop Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) yang difasilitasi oleh Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan komitmen dalam rangka  implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Ini merupakan kabupaten ke-4 yang didampingi MaTA setelah Aceh Barat, Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah: Fachmi Jusran, ST (Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Aceh),  Cut Asmaul Husna, S.Ag, MM (Akademisi Universitas Teuku Umar) dan Amel (MaTA), sedangkan yang menjadi moderator Drs. Said Amri (Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Nagan Raya).

Materi tentang tata cara penyusunan DIP sebagai pedoman dan dasar hukum serta klasifikasi informasi yang dikuasai, dikelola dan dikecualikan oleh masing-masing OPD disampaikan oleh nara sumber Cut Asmaul Husna, S.Ag, MM.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Nagan Raya mengharapkan kepada para peserta workshop dari masing-masing OPD, agar dapat menyelesaikan penyusunan DIP paling lambat pada tanggal 4 April 2019.

Berita Lain


Data Informasi Publik

Links