Buka Acara HKGN Ke-12, Ini Harapan Bupati Jamin Idham

ppid nara | Senin, 12 September 2022 | Pemerintah  Berita 

Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham, S.E. membuka acara Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) Ke-12 Tahun 2022.

Kegiatan yang mengusung tema "Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia" berlangsung di SD Negeri 1 Ujong Fatihah, Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, Senin (12/09/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Jamin Idham mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terlaksananya kegiatan ini.

Dikatakan, HKGN atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya secara serentak di seluruh Indonesia, tahun ini dimulai pelaksanaannya di Stadion GBK Jakarta, diikuti dengan pelaksanaan di Provinsi dan kabupaten/kota.

"Setelah sekian lama tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19 dan untuk pertama kalinya kegiatan ini kita laksanakan di Kabupaten Nagan Raya," kata Jamin Idham.

Bupati mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi batu lompatan kita semua untuk mulai sadar pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, setelah tahun-tahun kemarin kita menghadapi pandemi yang sangat menguras energi, tenaga dan fikiran.

"Tahun ini kita dapat mulai menata kembali kehidupan kita, mengembalikan kembali terutama senyum anak-anak kita," papar Jamin Idham.

Bupati juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar menjadikan momen HKGN ini sebagai bentuk program yang dapat selalu dilaksanakan tiap tahun.

Selain itu, lanjut Bupati, Kegiatan HKGN ini meliputi promotif, preventif berupa informasi kesehatan gigi pada anak dan cara pencegahannya, juga merupakan kampanye efektif kesehatan gigi dan mulut oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) khususnya di wilayah Nagan Raya yang juga bersinergi dengan gerakan GISA  Aceh tentang stunting, di mana kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu faktor tumbuh kembang anak yg patut diperhatikan dalam asupan gizi anak dan diharapkan menjadi unggulan ke depan di Puskesmas sejalan dengan kegiatan Stunting.

"Tahun ini terasa betul kemeriahan HKGN dengan adanya dukungan pemerintah Aceh dan seluruh kabupaten/ kota, data sasaran untuk aceh 30 ribu anak, target yang tercapai 21 ribu 241 orang anak pada 10 cabang yang ditunjuk dan 1 pengurus wilayah," ungkap Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Jamin Idham yang turut didampingi Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan, Pihak RSUD SIM dan Ketua PDGI serta beberapa pejabat terkait lainnya memberikan paket sikat gigi secara simbolis kepada siswa-siswi SD Negeri 1 Ujong Fatihah.

Sebelumnya, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Nagan Raya, drg. Mas Budi Harianto Gurning dalam laporannya menyampaikan, peringatan HKGN ke 12 ini sasarannya untuk siswa-siswi kelas 1-6 yang berjumlah 322 orang.

Menurutnya, HKGN dilaksanakan pada tanggal 12 September setiap tahunnya dengan konsep yang berbeda-beda, namun akibat Pandemi Covid-19 hampir 3 tahun melanda hanya dapat dilaksanakan kegiatan melalui daring saja. Ia berharap agar siswa-siswi dapat menambah pengetahuan dan menjadi pioner dalam kampanye kesehatan gigi dan mulut serta pencegahannya baik kepada teman maupun keluarga.

"Seiring membaiknya keadaan negeri kita, HKGN kita laksanakan serentak se Indonesia pada hari ini, saya berharap adik-adik tetap semangat dan antusias mengikuti kegiatan ini sampai selesai, dapat menambah pengetahuan dan ikut mengkampanyekan kesehatan gigi dan mulut serta pencegahannya," harap Mas Budi.

Selain itu, Ketua PDGI Nagan Raya yang baru saja terpilih pada awal bulan September 2022 beberapa waktu lalu, berharap agar PDGI Cabang Nagan Raya dapat menjadi mitra dan dapat berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Nagan Raya, khususnya Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Nagan Raya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 1 Ujong Fatihah, Ita Purnamasari, S.Pd. mengucapkan terima kasih kepada PDGI dan Pemkab Nagan Raya karena telah memilih SD Negeri 1 Ujong Fatihah sebagai tempat untuk peringatan kegiatan HKGN tahun ini.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini di sekolah kami, anak-anak kami siswa-siswi dapat terjaga gigi dan mulutnya dengan baik," imbuhnya.

Di akhir acara, PDGI Nagan Raya melakukan penyuluhan tentang cara perawatan gigi kepada siswa-siswi dan mengadakan gosok gigi bersama serta menyerahkan sertifikat kepada Kepala SD Negeri 1 Ujong Fatihah.