Bupati Jamin Idham Terima Penghargaan dari Menteri Keuangan

ppid nara | Kamis, 22 September 2022 | Pemerintah 

Menjelang akhir masa jabatan, Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham, S.E. menerima “kado istimewa” dari Menteri Keuangan Republik Indonesia atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) minimal 10 kali berturut-turut terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2021.

Penghargaan Piagam WTP tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati kepada Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham, S.E. di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta pada acara puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022, Kamis, (22/09/2022).

Pada kesempatan itu, Bupati Jamin Idham mengucapkan terima kasih atas dukungan Forkopimda serta kepada semua pihak yang telah bekerja keras terutama SKPK terkait sehingga Kabupaten Nagan Raya berhasil meraih opini WTP sebanyak 14 kali secara berturut-turut dari tahun 2008 sampai dengan 2021.

"Alhamdulillah pada tahun 2022 ini kita berhasil meraih penghargaan sebanyak 14 kali WTP secara berturut-turut, namun hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak di Kabupaten Nagan Raya," ujar Jamin Idham.

Selain itu, Bupati juga berharap kepada seluruh SKPK untuk terus mempertahankan predikat ini.

"Semoga prestasi ini terus dipertahankan dan mudah-mudahan tahun 2022 ini juga bisa meraih lagi predikat WTP yang ke-15" harap bupati.

Pada acara tersebut, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Dr. Hadiyanto, S.H., LL.M. dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan Rakernas ini merupakan agenda tahunan bagi seluruh para pengelola keuangan negara.

Pergelaran Rakernas pada tahun 2022 ini mengusung tema "Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja Untuk Pulih Lebih Cepat, dan Bangkit Lebih Kuat".

"Saya berharap tema tersebut mampu menjadi energi bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mengelola keuangan negara juga dalam meningkatkan kinerjanya," ujar Hadiyanto pada saat acara rakernas berlangsung.

"Ada dua agenda pada kegiatannya hari ini pertama penyerahan penghargaan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, kedua penyerahan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP), kategori 5 kali berturut-turut, 10 kali berturut-turut dan 15 kali berturut-turut," jelasnya.

Ia menyampaikan, jumlah peserta pada Rakernas ini terdiri dari tamu undangan fisik sebanyak 330 orang, yaitu kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, selain itu yang mengikuti live streaming serta live youtube mencapai 1000 lebih.

Sementara itu Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat yang telah membantu dalam membangun negeri kita tercinta Republik Indonesia.

"Dua tahun terakhir kita menghadapi pandemi covid 19, jadi saya mengapresiasi pimpinan daerah, provinsi dan pusat yang telah bekerja secara maksimal dalam menjalan dan mengelola keuangan negara dengan baik dan tetap mengendepankan akuntabilitas dan bertanggung jawab," ujar Sri Mulyani.

Kepada para penerima penghargaan, Sri Mulyani berharap agar jangan berbangga karena ke depan ini masih ada tantangan yang harus meski kita hadapi bersama untuk Indonesia yang lebih maju dan baik.