Bupati Nagan Raya Bersama Irdam Iskandar Muda Tinjau Lokasi Program TMMD Ke-113

ppid nara | Selasa, 24 Mei 2022 | Pemerintah  Berita 

Bupati Nagan Raya yang diwakili Sekretaris Daerah, Ir. H. Ardimatha dampingi Inspektorat Kodam Iskandar Muda (Irdam IM) tinjau lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 di Gampong Cot Kumbang, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Senin (23/05/2022).

Selain Sekda Nagan Raya, Irdam Iskandar Muda juga turut disambut Dandim 0116 Nagan Raya, Letkol. Inf Tony Setyo Widodo, Danrem 0112/Teuku Umar, Kolonel Inf Riyanto serta para Forkopimda lainnya.

Pada kesempatan itu, Irdam IM, Brigjen TNI Niko Fachrizal, M.Tr. (Han) yang mewakili Pangdam Iskandar Muda menyebutkan, tujuannya ke Nagan Raya dalam rangka meninjau langsung dan evaluasi pelaksanaan TMMD yang ke-113.

"Kita ingin melihat secara langsung pelaksanaan TMMD ini sudah sejauh mana berjalan, apakah sesuai dengan perencanaan atau belum," ungkap Niko.

Irdam IM juga menjelaskan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) atau dulu dikenal dengan Abri Masuk Desa (AMD) adalah salah satu program TNI untuk membangun dan berinteraksi bersama rakyat. Pungkasnya.

"Kenapa dibilang manunggal, disitulah terjadi interaksi antara TNI dengan rakyat dan tentunya juga melibatkan stakeholder lainnya, yang utama adalah Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati, DPRK, Kepolisian dan Kejaksaan," ujar Niko.

Menurut Niko, mengapa dilibatkannya pihak Kepolisian dan Kejaksaan dikarenakan kegiatan TMMD ini menggunakan dana negara, untuk itu perlu pengawasan dari pada pihak kepolisian dan juga kejaksaan, sedangkan pemerintah daerah sendiri, adalah pihak yang mengusulkan dan mengesahkan anggaran, sehingga terjadinya sinkronisasi dalam satu pekerjaan Papar Niko.

Selain itu, Irdam IM sangat mengapresiasi sinergitas antara TNI/Polri dan Pemerintah Daerah dalam rangka bersama-sama membangun wilayahnya. Serta kegiatan ini juga didukung oleh seluruh warga setempat.

"Dengan adanya kegiatan ini, tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, apalagi jalan yang dibangun sekitar 2 Km ini merupakan jalan akses para pengrajin batu bata, dan hasil kebun kepala sawit serta hasil bumi lainnya, menurut saya jalan ini sangat tepat dan manfaatnya luar biasa bagi masyarakat desa ini sendiri," tutup Niko.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Ir. H. Ardimartha ditempat yang sama menjelaskan tercapainya pembangunan ini melalui mekanisme yang ada.

Pertama diusulkan oleh masyarakat melalui Musrenbang pada tahun 2021 lalu dan dimasukkan kedalam rencana kerja (renja) kemudian dilakukan pembahasan oleh eksekutif dan legislatif sehingga mendapatkan persetujuan bersama. Jelas Ardi.

"Kemudian pelaksanaannya diswakelolakan kepada pihak ketiga dalam hal ini oleh Kodim 0116/Nagan Raya. Dan insyaallah kegiatan ini tiap tahun kita anggarkan baik melalui TMMD reguler maupun pangan," Imbuhnya.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, manfaat yang didapatkan oleh masyarakat dengan adanya kegiatan ini, terbangunnya sentra ekonomi, sehingga dapat meningkatkan hasil perkebunan masyarakat. Tutupnya.

Diwaktu yang sama, Keuchik Gampong Cot Kumbang, Jamali menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Dandim 0116/Nagan Raya, karena menurutnya telah memudahkan akses masyarakat dalam menjalankan aktivitas nya sehari-hari.

"Jalan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dimana dulu masyarakat kami susah untuk pergi ke kebun dan Alhamdulillah dengan dibangunnya jalan ini bisa dengan mudah kekebun serta ini sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di desa kami," ujar Jamali dengan wajah tersenyum.