Bupati Nagan Raya Buka Rakor Pemutakhiran DTKS Tahun 2022

ppid nara | Selasa, 9 Agustus 2022 | Pemerintah  Berita 

Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham, S.E. diwakili oleh Sekretaris Daerah, Ir.H.Ardimarta membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2022.

Rapat tersebut berlangsung di Aula Utama Bappeda komplek perkantoran Suka Makmue, Selasa (09/08/2022).

Kegiatan ini beragendakan "Indentifikasi Permasalahan dan Percepatan Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial".

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Ir.H. Ardimarta mengatakan, ketersedian data yang akurat menjadi salah pedoman pemerintah daerah dalam menjalankan program-program khususnya penanggulangan kemiskinan.

Menurutnya, dampak covid 19 yang terjadi selama ini menyebabkan masyarakat banyak yang jatuh dalam jurang kemiskinan, maka perlu dicari langkah-langkah yang konkret untuk mengatasi masalah ini. Ungkap Sekda

Ia juga menyebutkan, yang menjadi perhatian saat ini adalah untuk bisa membuat program yang lebih banyak lagi karena dengan demikian bisa membantu masyarakat yang kurang mampu.

"Jadi untuk ke depan ini mari sama-sama kita buat program yang lebih luas supaya dapat membantu masyarakat yang kurang mampu," ajak Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga mengingat akan pentingnya update data masyarakat miskin sehingga penyaluran bantuan tepat sasaran dan akurat.

"Penting nya Update data masyarakat miskin dapat membantu dan bisa membuat penyaluran bantuan nanti lebih tepat dan maksimal," katanya.

Akhir pidatonya, Sekda berharap kepada OPD terkait, camat bersama aparatur desa untuk terus membangun sinergitas yang baik supaya dapat menghasilkan data masyarakat miskin. Dengan begitu dapat mengurangi angka kemiskinan khususnya di Nagan Raya. Tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Nagan Raya, Rahmatullah S.STP, M.Si dalam laporannya menyampaikan, adapun yang menjadi dasar hukum dari acara ini yaitu peraturan presiden nomor 96 tahun 2015 tentang perubahan Perpres nomor 15 tahun 2010 penanggulangan kemiskinan.

Jumlah peserta yang hadir pada ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari SKPK terkait camat beserta para Kabid Bappeda dan Koordinator SIKS se-Kabupaten Nagan Raya, jelas Rahmat.

"Kepada peserta saya berharap, agar mengikuti rapat ini dengan serius, berikan pendapat dan sarannya agar nantinya bisa melahir ide-ide cemerlang tentang DTKS," pinta Rahmat.

Kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan acara diskusi yang di moderatori oleh Kabid PSDMK Bappeda, Muhammad Ar'rafi S.kel.,M.Sc.

Selanjutnya Pemaparan materi "Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial" disampaikan oleh Perencanaan Ahli Muda Bappeda, Teuku Antoni, SE.M.Sc.

Kemudian materi selanjutnya "Permasalahan dan Kendala Dalam Pemutakhiran DTKS" disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya, Asmaul Husna, S.E.

Kegiatan ini turut dihadiri para kepala SKPK, Camat dan Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) serta sejumlah operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) Gampong lainnya.