Bupati Resmikan SMP Negeri 1 Ulumul Qur'an

Nagan Raya | Jumat, 13 Agustus 2021 | Berita 

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, resmikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ulumul Qur'an (UQ) yang berlokasi di Komplek Perkantoran Suka Makmue, Kamis 12/8/2021.

Rombongan Bupati bersama unsur forkopimda dan sejumlah Kepala SKPK disambut tarian Ranup Lampuan persembahan siswi sekolah tersebut.

Bupati HM Jamin Idham, dalam sambutannya pada acara peresmian SMP N 1 UQ yang ditandai pembukaan selubung papan nama, mengatakan, awalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya ingin mendirikan Madrasah Ulumul Qur'an (MUQ).

Dalam perjalanannya upaya tersebut terkendala dari sisi anggaran dalam bentuk bantuan keuangan, sehingga tidak bisa dialokasikan, karena dikhawatirkan terjadi tumpang tindih.

"Selaku bupati bersama wakil bupati, inilah salah satu wujud nyata yang dapat kami persembahkan. Harapan saya, kedepan bisa dilahirkan juga SMA bahkan perguruan tinggi, dalam rangka menciptakan kader-kader terbaik Nagan Raya," ujar Bupati Jamin Idham.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Nagan Raya, Irwan, M.Si, menyampaikan, bahwa pendirian SMP N 1 UQ dalam rangka menyahuti visi dan misi bupati dalam bidang pendidikan berbentuk boarding school (sekolah yang menyediakan tempat tinggal).

Kadisdik Nagan Raya itu sedikit menceritakan, bahwa pada Bulan April 2021 lalu pihaknya mengusulkan kepada bupati untuk mendirikan sekolah tersebut.

"Alhamdulillah pada bulan Juni 2021 pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah mengeluarkan izinnya," kata Irwan.

Menurut Irwan, siswa SMP N 1 UQ saat ini berjumlah 85 orang. Sebanyak 15 orang diantaranya merupakan anak yatim dengan biaya pendidikan gratis.

Pada kesempatan tersebut, pihak Bank Aceh Syari'ah Cabang Jeuram menyerahkan bantuan 1 (satu) unit kenderaan roda tiga merek Viar yang akan dipergunakan untuk mengangkut sampah di sekolah tersebut.

Usai memberikan sambutan, bupati melakukan penyematan pin secara simbolis kepada siswa dan siswi. Di akhir acara dua siswa SMP N 1 UQ menampilkan kemampuan tahfidz (hafalan) Alqur'an.