Intensitas Hujan Lebat, Kalak BPBD Nagan Raya Himbau Masyarakat di Sekitar DAS Tetap Waspada

ppid nara | Kamis, 1 September 2022 | Berita 

Hujan yang melanda Kabupaten Nagan Raya sejak sepekan terakhir mengakibatkan sungai Krueng Kulu meluap dan merendam Gampong Blang Bayu Kecamatan Seunagan Timur, Kamis 1/9/2022 sore.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Irfanda Rinaldi, SSTP, mengatakan, curah hujan tinggi menyebabkan sungai Krueng Kulu meluap.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat telah mengakibatkan meluapnya air sungai Krueng Kulu kepemukiman warga, disamping adanya sumbatan di pintu air Gampong Blang Bayu," ujar Irfanda.

Menurutnya, kondisi tersebut tidak berlangsung lama disebabkan petugas BPBD Nagan Raya dibantu masyarakat melakukan pembersihan sampah yang tersangkut di pintu air.

Dikatakan, untuk kondisi keseluruhan di Kabupaten Nagan Raya hingga malam ini masih dalam keadaan aman, walaupun ada beberapa sungai yang debit airnya meningkat.

Namun begitu, Kalak BPBD Nagan Raya itu telah menurunkan petugas kesana serta menghimbau masyarakat, terutama yang berdomisili sekitar daerah aliran sungai untuk tetap waspada.

"Saya menghimbau kepada masyarakat yang dekat dengan bantaran sugai agar berhati-hati," pungkasnya.

Sementara itu Camat Seunagan Timur, Ns Salviar Evi, turut memantau kondisi banjir di Blang Bayu hingga malam.

"Saat ini saya bersama petugas dari BPBD terus memantau kondisi air disini," tuturnya.