KIP Nagan Raya Lakukan Sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022

ppid nara | Kamis, 4 Agustus 2022 | Pemerintah  Berita 

Bupati Nagan Raya yang diwakili Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Drs. Sayuti, menghadiri Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Pendaftaran Verifikasi dan Penetapan Partai Politik peserta Pemilu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Acara tersebut berlangsung di Aula Setdakab Nagan Raya, Rabu (03/08/2022).

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya, Muhammad Yasin dalam sambutannya mengatakan, agenda sosialisasi ini merupakan agenda yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali.

Menurutnya, karena setiap lima tahun pasti ada perbedaan menyangkut PKPU walaupun tidak banyak namun pasti ada perbedaan.

"Yang perlu kami beritahukan momentum yang 5 tahun sekali ini yaitu pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, di Aceh ada DPRA dan DPRK karena di tempat lain DPRD. Intinya kami ingin mengajak teman-teman partai politik dan dari semua pihak terutama pemerintah daerah sebagai penanggung jawab penyelenggaraan politik dan juga instansi terkait seperti Disdukcapil dan Kesbangpol, mereka yang mengerti bagian data pemilih dan identitasnya," jelas Yasin

Lebih lanjut Yasin mengatakan, untuk itu perlu adanya koordinasi dengan Disdukcapil supaya bisa saling mengawasi kalau ada data yang salah.

"Kita hari ini mulai membuka akses kepada siapa pun untuk bertanya atau berkoordinasi dengan kami terutama dari partai politik. Silahkan berkoordinasi jika ada hal-hal yang dianggap belum paham," pinta Yasin di forum.

Adapun pemateri dalam sosialisasi tersebut yaitu, Syahrul Iman yang merupakan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan di KIP Nagan Raya.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nagan Raya, Perwakilan Kodim 0116 Nagan Raya, Perwakilan Polres Nagan Raya, Ketua Panwaslih, para pengurus partai politik, Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Nagan Raya, serta tamu undangan lainnya.