Pemkab Nagan Raya Gelar Upacara Peringatan HAORNAS Ke-39

ppid nara | Jumat, 9 September 2022 | Pemerintah  Berita 

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menggelar upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS ) Ke XXXIX (39) di halaman kantor bupati komplek perkantoran Suka Makmue, Jum'at (09/09/2022).

Peringatan Haornas tahun 2022 ini mengagaskan tema" Bersama Cetak Juara".

Pada kesempatan itu, Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham, S.E, diwakili oleh Sekretaris Daerah, Ir.H. Ardimartha yang bertindak selaku inspektur upacara membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali antara lain mengatakan, bangkitnya ekonomi dan produktifitas masyarakat melalui olahraga setelah melewati keterbatasan aktifitas fisik selama masa 2 tahun pandemi covid 19 menjadi momentum peringatan Haornas yang dilaksanakan berdasarkan keputusan Presiden nomor 67 tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Menurutnya, kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga dalam prosesnya sangatlah panjang. Kata Ardimartha.

Demikian juga, lahirnya Undang-undang Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan kontribusi dan pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang luas yakni mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia. Oleh sebab itu maka tema peringatan haornas ke-39 tahun 2022 ini "bersama cetak juara". Jelas Ardimartha.

Salah satu langkah, lanjut Ardimartha untuk optimalisasi permasalahan budaya olahraga sesuai dengan amanat undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional sebagaimana telah diubah menjadi undang-undang nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan, maka kita sama-sama melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di lapisan masyarakat sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup yang tentunya dalam pelaksanaan saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Imbuhnya.

Di akhir pidatonya, ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang telah mendukung dalam upaya memajukan seluruh bidang olahraga di Indonesia. Tutup Ardimartha.

Usai upacara, Sekda yang turut didampingi forkopimda setempat menyerahkan penghargaan kepada 5 pelaku olahraga Nagan Raya yaitu, kategori tokoh muda pendesain olahraga, diraih oleh Jamaluddin, S.H.,M.H. dan tokoh penggerak olahraga, diberikan kepada Jonniadi, S.E.

Selanjutnya, penggerak olah raga volly, diraih oleh Edian Syahputra, S.H. dan penggerak olah raga jantung sehat, diberikan kepada Dewi Hardiyani, S.E.,Ak.,M.Si, serta tokoh Atlit junior jatuh kepada Youlanda Syahfitri.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya juga menyerahkan bonus kepada sejumlah atlit Popda ke-16 dengan tiga kategori diantaranya kategori atlit sebanyak 10 orang, kategori pelatih 5 orang, dan kategori official 5 orang.

Turut hadir pada kegiatan upacara Haornas diantaranya, unsur Forkopimda, para Kepala SKPK, para camat, dan pejabat eselon III serta IV dalam lingkup Kabupaten Nagan Raya.