Tindaklanjuti Aspirasi Warga, Kadis Kominfotik Nagan Raya Kunjungi Gampong Bumi Sari

ppid nara | Senin, 8 Agustus 2022 | Pemerintah  Berita 

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Nagan Raya, Drs. Said Amri, mengunjungi Gampong Bumi Sari Kecamatan Beutong, Senin (08/08/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus menindaklanjuti aspirasi warga Bumi Sari terkait jaringan seluler yang disampaikan kepadanya beberapa waktu lalu melalui Himpunan Mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Teuku Umar (UTU) yang sedang melakukan pengabdian masyarakat di sana.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Keuchik itu, Kepala Diskominfotik didampingi Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Teuku Syamsul Bahri, M.Kom, Kabid Statistik Zulkifli, S.Si dan beberapa pejabat fungsional lainnya.

Kadis Kominfotik Drs. Said Amri, menjelaskan, tugas dan wewenang Dinas Kominfo di daerah, antara lain mendata kawasan yang tidak terjangkau jaringan seluler, baik jaringan telepon maupun internet.

Disebutkan, data itu untuk dilaporkan ke pemerintah pusat, karena pemerintah daerah tidak diberikan wewenang membangun infrastruktur tower BTS (Base Transceiver Station).

"Kominfo daerah hanya berwenang mendata, tolong nanti pihak aparatur gampong menyiapkan permohonan untuk kami sampaikan ke Kominfo Provinsi, selanjutnya diteruskan ke Kementerian Kominfo di Jakarta," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid TIK, Teuku Syamsul Bahri, M.Kom, memaparkan, ke depan akan dicari solusi agar jaringan yang telah tersedia di kantor keuchik untuk ditingkatkan, supaya masyarakat dapat memanfaatkannya.

"Apalagi mahasiswa tengah melakukan pengabdian di sini," katanya.

Sebelumnya, Keuchik Bumi Sari, Hendri Veri Susanto, S.Sos, menyampaikan terima kasih dan suatu kehormatan bagi mereka atas kedatangan pihak dinas tersebut beserta jajarannya.

"Kami ucapkan terima kasih, karena bapak-bapak telah berkunjung ke desa kami untuk melihat kondisi langsung," katanya.

Pihak masyarakat, lanjutnya, sangat mengharapkan Dinas Kominfo untuk bisa membantu dalam hal jaringan telepon dan internet di Bumi Sari.

"Di sini jaringannya sangat susah didapat atau diakses oleh masyarakat Bumi Sari atau orang-orang yang mampir di Bumi Sari. Kami warga Bumi Sari dan seluruh perangkat desa, bersedia menyiapkan apakah itu permohonan atau proposal, tanah lokasi pembangunan tower dan lain sebagainya," ungkap Keuchik Hendri.